Home Berita Ketua Umum BKN: Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75!

Ketua Umum BKN: Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75!

498
0

BARISANKSATRIANUSANTARA.COM- Pada tanggal 1 Juli 2021 ini adalah Hari Ulang Tahun (HUT)  Bhayangkara ke-75. Karenanya, Ketua Umum Barisan Ksatria Nusantara (BKN), Muhammad Rofi`i Mukhlis bersama Sekretaris Umum BKN, Rakhmad Zailani Kiki dan para pengurus BKN lainnya memberikan ucapan selamat kepada  Kepolisian Republik Indonesia.

“Alhamdulillaah, izinkan pada kesempatan ini, BKN mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75 pada hari ini, 1 Juli 2021. Semoga Kepolisian Republik Indonesia  bersama seluruh komponen bangsa, bersama TNI.bersama rakyat, untuk selalu senantiasa menjaga dan merawat NKRI. Kepolisian merupakan salah satu alat negara yang bertugas untuk menjaga dan menegakkan hukum secara adil, secara benar, dan secara konstitusional. Sekali lagi, kami, BKN, ucapkan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara  kepada Kapolri, kapolda, kapolres, kapolsek dan seluruh anggota kepolisian di seluruh Indonesia; dan bravo Kepolisian Republik Indonesia. Walllaahu mu`afiq ilaa aqwaamiththooriq wassalaamu`alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh!” ucap Ketua Umum BKN, Muhammad Rofi`i Mukhlis dalam pers rilisnya.

Istilah Bhayangkara sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang merupakan pasukan elite pada masa Majapahit yang bertugas mengawal raja serta keluarga inti kerajaan. Gajah Mada pernah menjadi anggota pasukan Bhayangkara dan beberapa kali menyelamatkan Raja Majapahit dari ancaman. Selain bertugas sebagai pengawal pribadi raja dan keluarga kerajaan, pasukan Bhayangkara di era Majapahit juga mengemban amanat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tidak muncul gangguan yang berpotensi mengusik stabilitas kerajaan.

Bhayangkara kemudian diadopsi oleh Polri. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan Bhayangkara dengan: “Pangkat golongan tamtama dalam kepolisian di bawah bintara yang mencakupi bhayangkara utama satu, bhayangkara utama dua, bhayangkara utama muda, bhayangkara kepala, bhayangkara satu, dan bhayangkara dua.” Cikal-bakal terbentuknya Polri sudah bermula sejak zaman penjajahan Belanda dan era pendudukan Jepang. Dua hari setelah Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 19 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN). Namun Hari Lahir Bhayangkara ditetapkan 1 Juli 1846 saat diterbitkan Ketetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D. yang menyatakan bahwa Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Berdasarkan inilah maka setiap 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara.*

.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here